Bagaimana Membuat Blog Di Blogspot?

Bagaimana Membuat Blog Di Blogspot? - Tahukah anda bahwa blog itu singkatan web log? Blog merupakan bahasa yang dipakai untuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web.  Sebelum anda membuat blog, alangkah baiknya bila anda memilih terlebih dahulu penyedia blog gratis yang akan anda pakai. Sekarang sudah banyak sekali penyedia blog gratis berbahasa Indonesia diantaranya, Blogger yang di miliki oleh Google, dan Wordpress. Sebetulnya masih banyak lagi, namun yang sering dipakai yaitu dari kedua penyedia tersebut.

Untuk kali ini kita akan membuat blog di blogger. Sering juga di sebut blogspot karena memang nantinya alamat blog kita diakhiri dengan .blogspot.com atau bisa juga .blogspot.co.id. Syarat utama untuk kita bisa membuat blog di blogger yaitu kita harus mempunyai akun Gmail terlebih dahulu. Jika anda sudah memiliki akun Gmail anda bisa langsung masuk ke langkah-langkah membuat blog di blogspot, tetapi jika belum anda harus membuatnya terlebih dahulu. Jika anda bingung untuk membuat akun Gmail anda bisa melihat caranya disini Cara Membuat Email Di Gmail.

Langkah-Langkah Membuat Blog

1. Setelah anda membuat akun Gmail, anda tinggal buka situs Blogger.

2. Biasanya bila anda sudah masuk akun Gmail anda tidak harus lagi login ke blogger, tapi bila anda diminta memasukkan lagi email dan password masukan saja.

Bagaimana Membuat Blog Di Blogspot?

3. Setelah itu anda akan masuk dasbor blogger. Di halaman ini klik Blog Baru untuk mulai membuat blog.

Bagaimana Membuat Blog Di Blogspot?

4. Akan muncul halaman dengan judul Daftar Blog > Buat blog baru.

Bagaimana Membuat Blog Di Blogspot?


  • Judul, isi dengan judul blog anda, usahakan buat judul yang mencerminkan blog anda. 
  • Alamat, isi dengan alamat url blog anda, anda bisa membuatnya berbeda dengan judl blog. Tips buat alamat dengan kata yang simpel singkat dan mudah di ingat.
  • Template, pilih template yang menurut anda sesuai dengan blog atau yang anda sukai. Disini hanya terdapat pilihan jenis template yang standar, namun anda dapat menelusuri lebih banyak template dan menyesuaikan blog nanti.
  • Bila telah selesai klik tombol Buat blog!.
5. Selamat kini anda sudah mempunyai blog, sekarang anda siap untuk menjadi blogger dan menulis artikel.

Menulis Artikel Di Blog

Kini anda sudah mempunyai blog, namun aneh rasanya bila blog anda masih kosong tanpa artikel. Bila anda masih bingung atau belum mempunyai ide artikel apa yang anda akan masukan pada posting pertama jangan khawatir apalagi sampai galau. Buatlah kata perkenalan atau ucapan selamat datang pada artikel pertama anda, juga sedikit jelaskan tentang siapa anda dan untuk apa blog ini di buat. Namun meskipun ini hanya kata perkenalan usahakan anda menulis artikel yang menarik dan berkualitas. Maksudnya, jangan  biasa kan anda menulis artikel di blog dengan asal-asalan. Buatlah artikel yang rapi dengan ejaan yang benar dan juga kata-kata yang baku. Buatlah beberapa paragraf dengan kata minimal. 200 karakter.

Langkah-Langkah Menulis Artikel Di Blog

1. Masuk ke akun blog anda.

2. Klik tombol Entri baru

Bagaimana Membuat Blog Di Blogspot?

3. Anda akan masuk halaman Entri.

Bagaimana Membuat Blog Di Blogspot?

  • Judul Pos, isi dengan judul artikel anda. Buat menarik agar mengundang penasaran para pembaca. Judul merupakan ujung tombak dari sebuah artikel.
  • Tulis artikel anda.
  • Jangan lupa untuk menambahkan Label, ini berfungsi untuk mengklasifikasikan artikel anda ke dalam kategori yang anda inginkan. Lalu klik tombol Selesai.
  • Bila anda belum rampung menulis artikel dan ingin menyelesaikan nanti anda bisa klik tombol Simpan, tetapi bila telah rampung menulisnya anda bisa klik tombol Publikasikan. Anda juga bisa lihat contoh hasil dari artikel anda dalam bentuk blog anda bisa klik tombol Pratinjau.
4. Selamat artikel anda kini sudah terbit.

Tips Membuat Artikel Ala Asik Itu Belajar

1. Buat artikel yang menarik dan bermanfaat

Salah satu faktor mengapa orang mengunjungi dan membaca artikel yang terdapat di blog kita adalah isinya yang menarik dan bermanfaat. Kita bebas menulis apa saja di blog, namun bila anda ingin banyak pengunjung mengunjungi blog anda buatlah itu menarik dan bermanfaat. 

2. Buat judul yang kontroversial

Judul merupakan ujung tombak dari artikel, judul mewakili apa isi dari artikel blog anda. Judul juga yang mempengaruhi orang untuk membaca artikel blog. Bagaimana orang mau tertarik dengan isi bila judulnya saja tidak menarik. Mungkin anda sering melihat judul yang kadang terdengar aneh namun menggugah penasaran kita untuk membacanya. Seperti contoh judul biasa "Contoh Soal Ujian Sekolah" rubah dengan judul kontroversial "Contoh Soal Ujian Jaminan Lulus Sekolah".

3. Gunakan tata bahasa yang baik dan benar

Hapuskan kata-kata alay bila anda menulis di blog. Jangan samakan blog dengan sosial media yang biasanya berisi kata-kata yang aneh dan gaul. Buat blog anda dengan elegan, yang isinya ditulis dengan baik dan benar. Di sekolah kita biasanya menyebut Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), praktekan itu pada blog anda. Diharapkan dengan bahasa yang baik dan benar isi dari artikel anda bisa tersampaikan dengan baik.  

4. Sisipkan gambar

Isi artikel dengan hanya teks di dalamnya kadang membuat pembaca merasa bosan dan jenuh, apa lagi isinya mencapai puluhan baris atau pun sampai ratusan baris. Untuk menanggulangi hal itu anda bisa menambahkan beberapa gambar yang selaras dengan isi artikel. Anda bisa melihatnya dari komik, mengapa komik sangat digemari dan menjadi budaya di jepang sana, dikarenakan gambar-gambar yang berada didalamnya. Tapi jangan samakan blog dengan komik, anda cukup menambahkan satu dua gambar saja dalam blog anda.  

5. Jangan pelit kata-kata

Buat artikel dengan minimal 200 karakter, bila lebih banyak akan lebih bagus. Namun jangan paksakan membuat panjang artikel namun dengan isi yang tidak bermanfaat. Ini dimaksudkan membuat pembaca bisa berlama-lama berkunjung di blog kita. Jelaskan secara rinci isi dari blog, kaitkan materi satu dengan materi lain. Membuat blog anda lengkap, sehingga pembaca tidak mencari blog lain karena isi artikel blog anda tidak lengkap

Cukup mudah bukan bagaimana membuat blog di blogspot? semoga bermanfaat, dan membuat rasa galau anda hilang. Ini hanya sebagian kecil saja penjelasan mengenai blog, anda juga bisa melihat tips-tips lain mengenai blog dengan melihat artikel lainnya dalam blog ini. Terima kasih telah berkunjung semoga menjadikan kesan yang mendalam bagi anda.

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Mohon maaf apabila komentar berbau spam atau menyertakan link aktif tidak akan ditampilkan. Terima kasih! EmoticonEmoticon