Cara Membuat Readmore Di Blog Dengan Mudah Tanpa Coding

Cara Membuat Readmore Di Blog Dengan Mudah Tanpa Coding - Pada dasarnya sebuah blog akan memunculkan isi dari keseluruhan artikelnya pada halaman beranda blog tersebut. Template yang disediakan blogger tidak secara otomatis membuat artikel di halaman depan blog anda menjadi ringkas dan dinamis. Pada sebuah blog biasanya berisikan artikel yang cukup panjang belum lagi tambahan gambar pendukung membuatnya diharuskan untuk dibuka pada halaman khusus yang terpisah. Dengan begitu halaman beranda blog kita akan terlihat sangat ramai dan panjang sehingga dapat menimbulkan kesan yang tidak rapi saat melihatnya. 

Agar membuat blog terlihat rapi biasanya di halaman depan blog hanya di munculkan judul dari artikelnya saja atau diberikan sedikit penjelasan dari artikel tersebut. Untuk melihat isi keseluruhan artikel pembaca cukup klik judul artikel atau tulisan readmore / baca selengkapnya. Selain membuat halaman beranda terlihat lebih rapi ini juga bertujuan untuk memuat judul artikel di halaman beranda lebih banyak dan mudah dibaca oleh pengunjung blog. Tentu saja dengan begitu pengunjung akan leluasa memilih artikel yang mereka perlukan pada sebuah blog. 

Banyak cara untuk membuat readmore atau baca selengkapnya pada blog dengan mudah, salah satunya dengan menambahkan kode HTML tertentu pada badan blog. Namun bila anda merasa cara dengan menambahkan kode HTML cukup sulit dan ribet, sebetulnya blogger juga telah menyediakan fitur khusus untuk membuatnya. Fitur ini dinamakan dengan 'After the jump', fitur ini mudah sekali diterapkan tanpa harus merubah coding apapun dalam HTML blog anda.  Untuk mengetahui caranya lagsung saja kita lihat cara membuat readmore di blog tanpa coding HTML berikut ini.

Membuat Readmore Dengan 'After The Jump'

1. Masuk ke halaman dasbor blog anda, lalu tulis sebuah artikel.

2. Sebelum anda mempublikasikan artikel tersebut, tentukan sampai dimana isi artikel yang ingin anda tampilkan di halaman beranda blog. Cukup beberapa kalimat atau satu paragraf kalimat saja. Lalu tempatkan kursor tepat pada kalimat terakhir tersebut.

3. Klik icon Insert jump break. Akan muncul garis yang tepat dimana kita menempatkan kursor. Tenang saja garis tersebut tidak akan muncul pada tampilan artikel blog.

Cara Membuat Readmore Di Blog Dengan Mudah Tanpa Coding

4. Sekarang anda bisa publikasikan artikel yang sudah anda tulis.

Kini artikel tersebut akan tampil sesuai dengan yang anda batasi saat penulisan dilengkapi dengan tulisan readmore dibawahnya. Namun dengan fitur ini anda harus satu-persatu mengubahnya tiap artikel, anda tidak bisa menggunakannya sekaligus. Tetapi keuntungannya anda bisa buat berbeda penjelasannya tiap artikel, mana yang ingin anda buat panjang dan mana yang ingin buat anda pendek dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Anda juga bisa merubah tulisan 'readmore' degan tulisan apa saja yang anda suka misalnya 'baca selengkapnya'. Caranya anda bisa lihat langkah-langkahnya berikut ini.

Merubah Tulisan 'Readmore' Di Bawah Artikel

1. Masuk ke halaman dasbor blog anda, lalu masuk ke halaman Tata Letak.

2. Klik Edit pada kolom Blog Post anda.

Cara Membuat Readmore Di Blog Dengan Mudah Tanpa Coding

3. Lalu ubah kolom Teks tautan laman entri dengan kata yang ingin anda masukan. Setelah itu klik tombol Save.

Cara Membuat Readmore Di Blog Dengan Mudah Tanpa Coding

Selamat kini halaman beranda blog anda telah lebih rapi dengan judul artikel dan sedikit penjelasan saja, pengunjung dapat melihat lebih banyak judul artikel dalam halaman beranda blog anda. Demikian tutorial cara membuat readmore / baca selengkapnya di blog dengan mudah tanpa coding HTML, semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog AsikItuBelajar. Jangan lupa untuk berkomentar agar blog ini menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Mohon maaf apabila komentar berbau spam atau menyertakan link aktif tidak akan ditampilkan. Terima kasih! EmoticonEmoticon