Cara Menyembunyikan File Di Android Tanpa Software

Menyembunyikan file di android umumnya tidak akan bisa kita lakukan. Dikarenakan file-file pada aplikasi android khususnya untuk file foto dan video akan muncul secara otomatis pada galery berdasarkan folder tempat file itu disimpan. Justru dengan begitu memudahkan kita para pengguna untuk dapat membuka kapanpun kita ingin melihat tanpa harus mencari terlebih dahulu pada file manager. Ini menjadi nilai plus bagi sistem operasi android dimana sekarang ini sistem operasi berbasis ponsel sedang bersaing untuk merebut hati pengguna ponsel di dunia.

Namun terkadang file foto atau pun video yang muncul secara langsung di galery membuat kita tidak nyaman dan takut. Dikarenakan file tersebut bersifat pribadi dan rahasia, sehingga kita tidak ingin orang lain melihatnya. Kita bisa saja untuk tidak sembarangan meminjamkan ponsel kita kepada orang lain, tetapi tidak ada yang bisa menjamin bahwa ponsel kita tetap aman dan tidak ada orang iseng yang sengaja untuk membuka-buka file-file pribadi didalamnya.

Solusi untuk permasalahan di atas yaitu tentu saja dengan menyembunyikan file di galery android tersebut, terutama file foto dan video yang bersifat pribadi. Ada beberapa cara untuk menyembunyikan file di android diantaranya dengan menggunakan software atau aplikasi yang kita bisa download di playstore. Namun saya rasa dengan menggunakan aplikasi untuk menyembunyikan file, terasa sangat ribet dan tidak praktis. Lalu bagaimana cara menyembunyikan file di android tanpa software? Caranya anda tinggal ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Menyembunyikan Foto Dan Video Di Android

1. Buka File Manager aplikasi android anda.

2. Cari folder yang ingin anda sembunyikan filenya dari galery.

3. Rename nama folder tersebut dengan cara menambahkan tanda titik di depannya. Contoh, anda menyimpan file poto dengan nama POTO, lalu tambahkan tanda titik didepannya .POTO lalu simpan.

  • Disarankan untuk membuat file-file yang ingin anda sembunyikan itu ke dalam satu folder saja. Agar ketika anda hendak mengembalikannya anda tidak akan susah lagi me-rename banyak folder.


4. Coba cek folder tersebut di galery, pasti folder tersebut tidak ditampilkan lagi di galery. Karena android membaca folder dengan tanda titik tersebut sebagai folder sistem. Namun dengan begitu file-file di dalamnya akan tetap aman dan dapat dibuka.

5. Bila anda ingin membuka file foto dan video yang anda sembunyikan tadi anda harus membukanya lewat file manager. Tentu saja dikarenakan file tersebut tidak tampil lagi di galery.

6. Dan bila anda ingin menampilkannya kembali pada galery, anda cukup menghapus tanda titik yang anda tambahkan pada nama foldernya saja. File tersebut akan kembali tampil di galery ponsel anda.

Baca juga : Cara Mengakses WhatsApp Lewat Komputer PC

Cukup Mudah bukan untuk menyembunyikan foto dan video pada android. Sekarang anda tidak akan was-was lagi jika seseorang melihat file pribadi anda di galery. Tetapi jangan gunakan metode ini untuk menyembunyikan foto-foto dan video-video berkonten dewasa ya. Apalagi dengan adanya google membantu kita lebih mudah mencari apa saja di internet. Gunakan perkembangan dan kecanggihan teknologi ini untuk hal yang positif saja. Sekian tutorial cara menyembunyikan file di android tanpa sofware, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Mohon maaf apabila komentar berbau spam atau menyertakan link aktif tidak akan ditampilkan. Terima kasih! EmoticonEmoticon