Cara Mengatur Jarak Antar Huruf Di Coreldraw

Cara Mengatur Jarak Antar Huruf Di Coreldraw - Mungkin bila anda seseorang yang sering memakai aplikasi coreldraw pernah merasa bingung untuk mengatur jarak antar huruf pada kata atau kalimat. Mengapa huruf tersebut harus diatur? Terkadang dalam membuat sebuah desain dalam coreldraw kita menambahkan kata atau tulisan didalamnya, namun kata-kata tersebut terkadang panjang atau pendek. Kita sering merasa sulit untuk membuatnya pas/selaras dengan gambar dikarenakan tulisan tersebut terlalu panjang atau pendek.

Dengan begitulah diperlukan pengaturan jarak antar huruf dalam sebuah kata dan kalimat dalam coreldraw. Saya akan membagikan 3 (tiga) cara untuk mengatur jarak antar huruf, baik secara otomatis maupun manual. Disini saya menggunakan coreldraw 11, anda boleh mencobanya dengan coreldraw apa saja seperti X2, X3, X4, X5, X6. Tanpa panjang lebar langsung saja kita lihat caranya dibawah ini.

1. Mengatur Jarak Antar Huruf Menggunakan Snape Tool

Snape Tool merupakan sebuah tool/alat yang disediakan aplikasi coreldraw salah satunya untuk mengatur jarak antar huruf pada sebuah kata atau kalimat text dalam coreldraw. Dengan memakai tool ini kita akan sangat mudah mengatur jarak, cara ini bisa disebut cara yang otomatis.
  • Buka aplikasi coreldraw.
  • Buat sebuah gambar atau sebuah tulisan yang anda inginkan.
  • Dengan tulisan anda aktif klik menu Snape Tool.
Cara Mengatur Jarak Antar Huruf Di Coreldraw

  • Akan muncul kotak-kotak kecil dibagian bawah huruf tulisan anda.
Cara Mengatur Jarak Antar Huruf Di Coreldraw
  • Untuk mengaturnya anda hanya tinggal klik pada kotak kecil tersebut lalu geser menggunakan mouse atau tombol arah pada keyboard anda.
Cara Mengatur Jarak Antar Huruf Di Coreldraw


2. Mengatur Jarak Antar Huruf Menggunakan Spasi

Ini cara alternatif yang menurut saya sangat mudah dan gampang, cara ini saya sebut cara manual. Sebetulnya dengan membaca judulnya saja anda sudah mengerti cara yang saya maksudkan. Mengatur jarak antar huruf dengan tombol spasi, caranya cukup dengan menggeser huruf dan dengan tombol spasi. Anda bisa mengatur dengan leluasa, bila anda inginkan jarak yang dekat cukup dengan satu spasi namun bila inginkan yang cukup lebar anda bisa menambahkan 2 (dua) spasi atau lebih. 

Namun kelemahan cara ini yaitu jarak spasi yang baku, anda tidak bisa mengatur sesuai keperluan anda. Anda hanya bisa mengatur jarak sesuai jarak antar spasi saja.

3. Mengatur Jarak Antar Huruf Dengan Membuat Satu Persatu Huruf

Cara yang ketiga merupakan cara manual untuk mengatur jarak antar huruf. Caranya anda harus membuat satu persatu huruf secara terpisah, maksudnya bila anda ingin membuat kata "ASIK" anda harus membuatnya huruf per-huruf dari A sampai K. Lalu huruf-huruf tersebut anda atur secara manual menggunakan mouse atau keyboard.

Tentu saja dengan cara ini tidak bisa dibayangkan bila kata yang ingin anda atur berjumlah puluhan, namun bila anda membuat kata yang pendek dan sedikit cara ini bisa anda coba.

Demikian Cara Mengatur Jarak Antar Huruf Di Coreldraw semoga membantu dan mudah untuk dipraktekan. Terima kasih telah berkunjung, lihat juga tutorial coreldraw lainnya pada blog ini. Terima kasih.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Admin
AUTHOR
February 23, 2017 at 11:51 PM delete

Gan gimana cara mengatur jarak antar kata yang telah ditulis via menu teks-Convert to paragraph text (Ctrl+F8). Ana buat inden tabs untuk kwitansi trims

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Mohon maaf apabila komentar berbau spam atau menyertakan link aktif tidak akan ditampilkan. Terima kasih! EmoticonEmoticon