Cara Agar Laptop Anda Awet Dan Tahan Lama

Cara memakai laptop agar awet dan tahan lama - Setelah beberapa lama saya hanya menulis artikel tentang blog dan desain, kini saya mencoba untuk menulis artikel tentang komputer, lebih tepatnya tips dan trik seputar komputer. Namun artikel yang akan saya tulis kali ini tidak jauh-jauh dari atau pun hal yang saya tidak kuasai, sangat ragu saya apabila menuliskan sebuah artikel yang memang saya tidak tahu dan hanya menduplikat artikel dari orang lain.

Cara Agar Laptop Anda Awet Dan Tahan Lama

Memakai laptop agar tetap awet itu yang terlintas dalam pikiran saya ketika melihat laptop yang saya pakai setiap hari, laptop saya merupakan laptop jadul yang sudah berumur tetapi masih dalam keadaan 'sehat'. Saya disini hanya bermaksud berbagi tips kepada anda sesama pengguna laptop yang sehari-harinya tidak jauh dan tidak bisa lepas dari lapto, berikut cara saya agar laptop tetap awet dan tahan lama.


Membuat Laptop Anda Awet dan Tahan Lama 

Berikut ini merupakan cara saya agar laptop awet dan tahan lama, 

1. Jaga laptop selalu dalam keadaan bersih

Dalam keadaan bersih disini maksudnya bersih dari debu yang biasa menempel pada perangkat elektronik di rumah. Benda elektronik khususnya laptop, sering kali ditempeli debu ketika disimpan di tempat terbuka walaupun disimpan dalam waktu yang tidak lama. 

Solusinya simpan di tempat tertutup / bungkus laptop anda apabila tidak dipakai, namun apabila laptop anda habis dipakai biarkan dingin terlebih dahulu sebelum anda simpan di tempat tertutup atau pun anda bungkus.

Anda harus rutin untuk membersihkan laptop anda dari debu yang menempel, debu yang masuk melalui celah-celah keyboard anda dapat mengganggu kinerja dari hardware di dalamnya. Saat ini banyak produk pelapis keyboard yang terbuat dari karet silikon, namun pendapat saya cara itu kurang efektif yang hanya menghambat sirkulasi udara pada laptop anda.

2. Perhatikan alas laptop anda ketika dipakai 

Sering kali pengguna laptop mengabaikan hal ini sehingga mereka tidak memperhatikan alas tempat laptop tersebut disimpan ketika dipakai. Alas yang harus anda hindari ketika anda hindari ketika anda memakai laptop diantaranya kasur, kursi, karpet, karet dan benda-benda lain sejenis kain dan busa.

Benda dengan bahan kain dan busa merupakan bahan yang lentur sehingga ketika kita menaruh benda tersebut diatasnya maka permukaannya akan menutupi bagian bawah dari laptop anda, sehingga sirkulasi udara menjadi terhambat. Dampaknya laptop anda menjadi cepat panas, di tambah lagi bahan seperti busa, kain dan karet memang menyimpan panas. Sehingga apabila anda memakai laptop di atasnya laptop anda akan menjadi cepat panas.

Solusinya anda bisa memakai laptop pada meja seperti kaca atau marmer, tetapi meja kaca yang tebal. Kaca dan marmer biasanya menyerap hawa dingin disekitarnya sehingga aman untuk laptop anda. Atau bila tidak ada penggunaan kipas pendingin khusus laptop pun sangat baik, selain memberikan ruang pada bagian bawah laptop sebagai sirkulasi juga membantu menjaga laptop tetap dingin.

3. Gunakan aplikasi yang sesuai

Gunakan aplikasi sesuai dengan kapasitas dan kecanggihan laptop anda, tidak semua laptop support dengan aplikasi desain atau game yang berat. Aplikasi yang tidak didukung dari kapasitas laptop akan membuat aplikasi tersebut berat untuk dibuka, sehingga membuat kinerja laptop anda menjadi extra dan menjadi laptop cepat panas.

Instal saja aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perangkat laptop anda, bila anda memang hobi dengan game dan desain alangkah baiknya anda menggunakan laptop yang sesuai atau menggunakan komputer PC.

4. Jangan sering menghidupkan dan mematikan laptop

Keseringan menghidupkan dan mematikan laptop dapat membuat usia hardware laptop anda menjadi lebih pendek, terutama harddisk. Selain dapat merusak perangkat hardware laptop terlalu sering menghidupkan dan mematikan laptop juga membuat boros konsumsi listrik anda, layaknya kendaraan bermotor yang boros bensin.

Hardware bekerja secara full ketika anda menghidupkan atau mematikan laptop, itu mengapa sistem anda akan terasa berat terlebih dahulu ketika menyala dan berangsur ringan lama kelamaan. Begitu juga saat anda mematikannya, dalam proses shutdown sistem akan menyimpan segala perubahan yang telah anda lakukan sebelum komputer mati, saat proses tersebut perangkat kembali bekerja secara extra.

Solusinya gunakan fitur sleep atau standby pada laptop anda bila menunda pekerjaan dalam waktu yang tidak lama, jangan juga membiarkannya tetap hidup saat ditinggalkan. Aktifkan fitur sleep secara otomatis bila anda sering meninggalkan laptop anda dalam keadaan hidup. Baik laptop atau komputer pc aman digunakan dalam waktu yang lama.

5. Jauhkan dari benda cair

Sering kali kita menggunakan laptop sambil makan cemilan juga minum, namun hati-hati air tersebut mengenai atau bahkan tumpah pada laptop anda. Air dapat menyebabkan kerusakan pada laptop anda apabila mengenai dalam keadaan hidup. Jadi sebaiknya simpan minuman anda di tempat yang aman dari situasi senggolan dan menyebabkan tumpah pada perangkat laptop.

Bila pada situasi tertentu laptop anda terbasahi dalam keadaan mati (tidak menyala) baik itu tumpahan air minum atau air huja yang bocor, jangan sekali-kali mencoba menyalakannya dalam keadaan basah. Pastikan laptop benar-benar kering sebelum anda mencoba menyalakannya kembali. Anda bisa menggunakan pengering rambut atau langsung saja bawa ke ahli untuk mengeringkannya. Pada dasarnya perangkat elektronik aman apabila basah dalam keadaan mati, hanya saja harus dipastikan kering apabila ingin menyalakannya kembali.

6. Penggunaan charge

Untuk laptop model terbaru, sangat aman apabila dipakai saat di charge karena memang teknologi baterainya sudah baik anti gelembung. Namun harap diperhatikan untuk melepaskannya saat baterai sudah penuh.

Namun pada laptop jadul seperti saya pemakaian laptop yang lama disertai baterai dan charge sangat kurang baik, karena dapat menyebabkan eror pada sistem pengisian baterainya. Saya biasa melepaskan baterai untuk pemakaian yang cukup lama, namun hati-hati saja dengan mati lampu. Laptop yang mati secara tiba-tiba dapat menyebabkan laptop lebih parah :).

Penutup Dan Tips Dari Penulis

Bila memang anda merupakan pemakai komputer yang lama, atau bahkan memang pekerjaan anda memang dari komputer sebaiknya menggunakan komputer PC. Karena memang sebetulnya laptop di desain untuk bergerak secara mobile bukan untuk dipakai secara terus menerus.

Demikian tips cara agar laptop tetap awet dan tahan lama, semoga bermanfaat dan membuat laptop anda awet seperti punya saya :). Namun bila tidak awet pun tidak masalah asalkan ada rezeki untuk membeli yang baru dan lebih bagus.

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Mohon maaf apabila komentar berbau spam atau menyertakan link aktif tidak akan ditampilkan. Terima kasih! EmoticonEmoticon