Pengertian SEO

Pengertian SEO - Apa itu SEO? Pertanyaan yang pasti pertama terlintas dalam pikiran kita ketika banyak membaca kata itu di internet. SEO atau kepanjangan dari Search Engine Optimation (Optimasi Sistem Pencari) merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan pengunjung pada suatu situs web melalui mesin pencari dengan memanfaatkan  kinerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Dengan kata lain, SEO merupakan sebuah cara untuk menempatkan situs web pada posisi teratas hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu. Atau setidaknya menempati halaman pertama agar berpeluang besar untuk mendapatkan pengunjung ke situs web kita.

Pengertian SEO

Pengertian Mesin Pencari (Search Engine)
Setelah membahas pengertian SEO lebih afdol lagi bila kita tahu lebih jauh apa itu mesin pencari. Mesin pencari merupakan sebuah sistem yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan internet pada suatu jaringan. Pada kata lain mesin pencari adalah perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian nya akan ditampilkan secara berurutan menurut tingkat akurasi dari informasi itu sendiri atau pun jumlah banyaknya pengunjung.  Contoh mesin pencari tersebut dan sudah tidak asing lagi saat ini seperti Google, Yahoo, Bing, MSNsearch  dan masih banyak lagi

Manfaat SEO
Semakin berkembangnya dunia saat ini sejalan juga dengan berkembangnya jaringan internet, jaringan internet semakin mudah dan cepat untuk di akses kapan saja dan dimana saja. Menjadikan jaringan internet sebagai lahan yang subur untuk dimanfaatkan sebagai media bisnis. Berada pada posisi teratas sebuah mesin pencari akan meningkatkan peluang bagi sebuah perusahaan atau pelaku bisnis berbasis situs web untuk mendapatkan pelanggan baru. Disinilah peran SEO sangat dibutuhkan, bagaimana teknik SEO ini menjadikan sebuah usaha atau pun bisnis menjadi banyak dikunjungi di internet. Dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang akan semakin tinggi pula peluang produk tersebut untuk terjual. 

Berada pada peringkat pertama hasil pencarian tidak serta merta hanya memberikan keuntungan secara materil saja bagi suatu situs, namun juga memberikan citra dan reputasi yang baik di mata pengunjung. Bagaimana sering kita lihat situs-situs terkemuka di dunia saat ini selalu menjadi peringkat teratas pada mesin pencari meskipun kita hanya memasukan kata kunci diluar judul dari situs tersebut.

Jenis-Jenis SEO
Ada dua jenis SEO yang biasa diterapkan pada situs web, yaitu SEO On-Page dan SEO Off-page. SEO On-Page merupakan penerapan teknik SEO melalui pengoptimalan pada bagian-bagian situs web itu sendiri. Seperti pemberian judul yang menarik dan unik, isi artikel yang original, penambahan gambar yang di bubuhi alt image, dan masih banyak lagi. Jadi pada intinya teknik SEO di optimalkan pada halaman situs itu sendiri. Banyak dikatakan bahwa jenis SEO On-Page ini merupakan teknik yang paling banyak berpengaruh pada peringkat anda di mesin pencari.

Jenis SEO yang kedua yaitu SEO Off-Page, pada teknik ini pengoptimalan dilakukan dari situs web itu sendiri. Contohnya seperti backlink, blogwalking, ping URL, juga promosi situs web melalui iklan dan sosial media. Cara ini sangat efektif untuk membuat situs banyak dikunjungi diluar mesin pencari, namun efeknya mempengaruhi sekali peringkat kita di mesin pencari.

baca juga : Meningkatkan Pengunjung Lewat Sosial Media

Sebetulnya selain dari kedua jenis SEO diatas ada lagi jenis yang lain, yakni White Hat SEO dan Black Hat SEO. White Hat SEO merupakan teknik SEO yang baik dan benar tidak melanggar ketentuan yang sudah di keluarkan mesin pencari. Namun teknik ini membutuhkan waktu yang lama namun lebih aman dilakukan dan tanpa resiko juga menimbulkan rasa kepercayaan dari mesin pencari. Contoh dari White Hat SEO ini seperti yang telah kita bahas di atas dengan SEO On-Page dan SEO Off-page.

Black hat SEO merupakan kebalikan dari White Hat SEO, teknik ini dilakukan dengan cara ilegal. Contohnya seperti penggunaan kata tersembunyi, halaman page palsu, pengisian kata kunci, dan lain-lain. Tujuannya sama saja, untuk meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian mesin pencari. Hasilnya dapat dengan cepat terlihat namun sangat berisiko tinggi, situs yang diketahui menggunakan teknik akan langsung banned oleh mesin pencari.

kata kunci: manfaat seo, cara kerja seo, pengertian seo dan jenisnya, pelajari seo, pengertian seo footprint, pengertian seo, pengertian seo on page dan seo off page, pengertian seo onpage dan offpage

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
December 15, 2015 at 1:10 PM delete

Cara mengetahui Black Hat SEO bagaimana caranya gan?

Bagi agan yang berminat belajar membuat website bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/web-design.html

Reply
avatar
Imam Dermawan
AUTHOR
December 15, 2015 at 1:22 PM delete

Kalo black hat seo sebenarnya sudah jelas sekali cirinya pada bahasan diatas gan,..!!!

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Mohon maaf apabila komentar berbau spam atau menyertakan link aktif tidak akan ditampilkan. Terima kasih! EmoticonEmoticon