Cara Simpan File Coreldraw Agar Dapat Dibuka Di Semua Versi

Cara Simpan File Coreldraw Agar Dapat Dibuka Di Semua Versi - Coreldraw merupakan aplikasi desain untuk edit gambar, buat logo dan lain sebagainya. Dengan semakin banyaknya pengguna aplikasi coreldraw saat ini terutama di Indonesia, Corel selaku perusahaan pembuat Coreldraw terus menerus memperbaiki dan melengkapi fitur desain dengan terus menerus mengeluarkan versi terbaru. Dari mulai versi lama yang keren seperto coreldraw 9, 10, 11 sampai versi X terbaru seperti coreldraw X2, X3, X4, X5, X6 bahkan yang paling anyar coreldraw X7.

Namun yang menjadi masalah ialah gambar/lembar kerja/file coreldraw (cdr) yang dibuat pada versi terbaru tidak dapat dibuka apabila file tersebut dibuka pada versi coreldraw terdahulu/versi lama (seperti contoh kita membuat gambar pada coreldraw versi X5, lalu kita membukanya pada versi sebelumnya yaitu X4 juga versi sebelum X4 sperti X3, X2, 11 dan lainnya). Itu dikarenakan fitur-fitur versi terbaru coreldraw yang tidak bisa didukung oleh versi lama. Lalu bagaimana jika kita ingin membuka file coreldraw versi terbaru pada coreldraw versi lama?

Tenang saja, untuk permasalahan seperti diatas saya punya solusinya dan biasa saya gunakan dan tentu saja teruji dan berhasil. Solusinya yaitu dengan merubah versi coreldraw ke versi lama saat anda menyimpan file tersebut. Maksudnya bagaimana? Maksudnya saat menyimpan sebuah file coreldraw sebetulnya sudah tersedia menu khusus untuk merubah versi, jadi meskipun anda membuat gambar pada versi terbaru anda bisa menyimpannya pada coreldraw versi lama. Caranya bagaimana? Caranya langsung saja kita masuk ke cara menyimpan coreldraw agar bisa dibuka pada coreldraw versi lama berikut ini.

1. Buka aplikasi coreldraw anda (disini saya memakai versi 11, the best i have :D).

2. Buat sebuah gambar yang keren.

3. Simpan file tersebut. Bila anda telah mempunyai gambar sebelumnya anda bisa menggunakan menu Save As.

4. Pada jendela Save Drawing, isi File Name lalau rubah Version ke versi lama.

Cara Simpan File Coreldraw Agar Dapat Dibuka Di Semua Versi


  • Saya disini dirubah ke versi 11, karena biasanya saat ini percetakan masih banyak juga yang menggunakan versi 11 namun ada juga yang masih menggunakan versi 9.
5. Lalu tekan tombol Save.

Dengan begitu file gambar coreldraw anda bisa dibuka pada versi coreldraw mana saja baik yang baru atau pun yang lama. Namun bila anda melakukan perubahan pada versi terbaru harus di ingat untuk tetap menyimpannya pada versi lama. Demikian cara agar file coreldraw bisa dibuka pada versi mana saja. Semoga bermanfaat, dan terimakasih telah berkunjung di blog ini.

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
Distorsi
AUTHOR
April 18, 2016 at 6:03 PM delete

hai kak

kalau versi barunya udah di hapus dan adanya versi lama ga bisa ya. file yang di save ga di rubah versi lama.

apa itu berarti saya harus instal lagi corel versi baru?

Reply
avatar
Imam Dermawan
AUTHOR
April 21, 2016 at 12:52 PM delete

Iya gan, memang di coreldraw untuk pembukaan file (downgrade) ga bisa... Mungkin ini strategi pemasaran dari corel supaya semua orang memakai versi baru saja... Ya kalo memang mau membuka file ke segala jenis corel, mesti di rubah dulu seperti yang saya contohkan.

Reply
avatar

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Mohon maaf apabila komentar berbau spam atau menyertakan link aktif tidak akan ditampilkan. Terima kasih! EmoticonEmoticon