Mengatasi Huruf File Coreldraw Berubah Saat Dibuka Di Komputer Lain

Mengatasi Huruf File Coreldraw Berubah Saat Dibuka Di Komputer LainCoreldraw merupakan sebuah aplikasi editor dan gambar yang dikembangkan oleh perusahaan Corel. Banyak sekali digunakan khususnya di Indonesia termasuk saya, karena tool-tool nya yang mudah digunakan juga lengkap. Bagi anda yang memakai aplikasi Coreldraw baik itu versi terdahulu seperti coreldraw 9, 10, dan 11 atau bahkan versi terbaru coreldraw X2, X3,X4, X5, X6 bahkan yang terbaru X7 untuk menggambar atau mendesain pasti pernah mengalami hal seperti ini. 

Pernahkah anda membuat sebuah gambar atau desain pada komputer anda khususnya desain dengan menggunakan huruf (font) atau pun text, namun ketika dibuka pada komputer pc berbeda, huruf (font) atau pun text tersebut tidak ditemukan sehingga harus digantikan dengan jenis huruf yang lain? (Font Matching Result, Missing Font). Permasalahan seperti ini disebabkan karena tidak ditemukannya jenis huruf atau font yang sejenis pada komputer PC oleh aplikasi coreldraw.  Biasanya gambar atau desain yang kita buat menggunakan jenis huruf (font) yang tidak standar atau tidak termasuk jenis huruf (font) yang biasa terpasang pada Sistem Operasi Windows. 


Untuk mengatasi hal ini caranya sangat mudah, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Disini saya akan bagikan 3 cara membuat text, huruf (font) file gambar desain coreldraw (CDR) anda tidak berubah saat dibuka pada komputer PC yang lain (berbeda).

1. Membawa Serta Mentahan Huruf (Font) Tersebut
Cara pertama agar huruf anda tidak berubah saat dibuka di komputer berbeda yaitu dengan membawa serta file mentahan huruf (font) tersebut bersama file coreldraw (cdr) anda. Maksudnya saat anda membawa (copy) file coreldraw pada media storage seperti flashdisk, harddisk portable bahkan cd bawa serta juga file mentahan huruf tersebut pada media stotage. Lala pada saat anda membuka pada komputer berbeda, pasang (instal) terlebih dahulu mentahan huruf pada operating sistemnya. Bila anda belum tahu caranya anda bisa lihat di Cara Menambah Font Di Corel Draw.

2. Merubah Huruf Menjadi Kurva (Convert To Curve).
Cara kedua agar huruf anda tidak berubah saat dibuka di komputer berbeda yaitu dengan merubahnya menjadi sebuah kurva. Caranya :
  • Buka lembar kerja coreldraw anda.
  • Pilih tulisan yang ada pada lembar kerja.
  • Klik kanan pada tulisan tersebut, lalu pilih Concert To Curves. Atau anda juga bisa dengan menekan tombol Ctrl+Q.
Dengan begitu huruf tersebut akan berubah menjadi kurva, sehingga ketika anda membukanya pada komputer berbeda huruf tersebut tidak akan berubah. Hanya saja bila anda sudah merubahnya dalam bentuk kurva anda tidak dapat lagi mengedit tulisan tersebut, maka pastikan dahulu penulisan text/huruf tersebut benar sebelum anda merubahnya dalam bentuk kurva.

3. Menyimpan file coreldraw menjadi file gambar
Cara ketiga agar huruf anda tidak berubah saat dibuka di komputer berbeda yaitu dengan menyimpan file coreldraw (CDR) anda dalam bentuk gambar sperti JPEG, Bitmap, PNG dan lain sebagainya. Ini adalah cara yang paling aman, dengan file gambar sudah pasti hasil karya anda tidak akan berubah bila dibuka komputer manapun, namun tentu saja dengan begitu gambar tidak bisa di rubah lagi. Tetapi untuk sekedar memperlihatkannya pada orang lain untuk meminta saran cara ini patut dicoba. Bila anda belum mengetahui cara merubah file CDR ke file gambar anda bisa lihat di Cara Export Gambar Di Corel Draw.

Demikian 3 cara mengatasi huruf (font) pada file aplikasi coreldraw berubah saat dibuka di komputer lain, pilih saja yang menurut anda mudah dan sesuai dengan kebutuhan. Cara ini bisa anda aplikasikan pada jenis coreldraw versi mana saja. Meskipun banyak versi terbaru dari coreldraw, saya lebih senang memakai versi 11 karena tersedia dalam bentuk portable sehingga mudah dibuka di komputer mana saja dan ringan untuk diakses.

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Mohon maaf apabila komentar berbau spam atau menyertakan link aktif tidak akan ditampilkan. Terima kasih! EmoticonEmoticon