Bagaimana Membuat Blog Terlihat Profesional?

Bagaimana Membuat Blog Terlihat Profesional? - Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas cara membuat blog di blogspot, berisi bagaimana proses pembuatan blog dari awal pendaftaran sampai kita bisa membuat artikel hingga artikel itu bisa di publikasikan. Pada artikel tersebut juga sedikit di bahas tips untuk membuat artikel yang menarik sehingga pembaca blog bisa dengan mudah memahami isi dari pembahasan artikel yang kita tulis. Bila anda telah merampungkan semua proses dalam tutorial tersebut dan membuat beberapa artikel berarti anda sudah bisa dikatakan seorang blogger. 

Selanjutnya kita akan masuk ke tahap bagaimana membuat blog terlihat profesional, profesional disini bisa diartikan dengan blog yang yang bisa memberikan informasi secara terperinci kepada pengunjung. Informasi ini mencakup isi artikel maupun layout blog itu sendiri. Blog yang baik merupakan blog yang bisa memudahkan pengunjungnya untuk dapat menjelajahi semua isi dalam blog tersebut. 

Hal yang paling mudah untuk membuat blog terlihat profesional yaitu dengan menambahkan widget. Namun penambahan widget ini harus dilakukan secara hati-hati, sering kali kesalahan yang dilakukan blogger pemula adalah menambahkan widget secara berlebihan. Menambahkan widget yang berlebihan bisa membuat blog menjadi berat saat di akses serta membuat blog menjadi terlihat terlalu ramai sehingga membuat pengunjung kebingungan saat melihatnya.

Apa Itu Widget Di Blog?

Widget merupakan beberapa aplikasi kecil yang bisa di pasang dan di copot secara mudah serta di jalankan pada sebuah web atau pun blog. Widget bisa berupa aplikasi atau pun kode, biasanya layanan blog gratis seperti blogger dan wordpress telah berisi widget-widget bawaan di dalamnya. Sehingga kita para blogger pemula tidak harus susah-susah lagi membuat widget secara manual. 

Penggunaan widget pada blog haruslah didasarkan pada kebutuhan pengguna dan pengunjung. Pada dasarnya blog dibuat untuk dapat di lihat dan di baca oleh orang lain bukan untuk diri sendiri, untuk apa kita membuat blog yang bagus tapi tidak ada orang yang melihatnya. Lain halnya bila blog itu dibuat untuk kesenangan sendiri anda bebas untuk membuatnya sesuka hati.

Apa Keuntungan Blog Yang Profesional?

Meningkatkan Pengunjung

Blog yang anda kelola secara profesional, tidak terlepas dengan penataan menu-menu yang jelas dan baik membuat blog anda mudah untuk diakses. Pengunjung dapat mudah mencari apa yang mereka butuhkan pada halaman demi halaman pada blog kita. Menjadikan pengunjung untuk selalu kembali membuka blog anda, juga mengundang penasaran pengunjung baru untuk membukanya.

Memberikan Prestise Bagi Pembuatnya

Anda kenal Mas Sugeng, Mas Dian tegal, Mas Adryan? Itu hanya segelintir nama para blogger yang sukses menapaki dunia blog. Mereka bukan penyanyi atau pun aktor film sehingga nama mereka terkenal. Namun nama mereka terkenal dan dihargai para blogger dikarenakan blog mereka yang inspiratif dan banyak membantu blogger pemula seperti saya. Menurut saya menjadi blogger dan membuat blog berkualitas dan profesional sehingga kita terkenal adalah suatu keuntungan yang luar biasa. Kita bisa dikenal karena ilmu yang kita miliki dan tidak segan untuk membaginya kepada orang lain. Inilah yang membuat saya semangat sebagai blogger pemula yang haus ilmu untuk terus belajar pada senior dalam dunia blog.

Menambah Penghasilan

Inilah yang sebagian blogger kejar dengan membuat blog yang profesional, dapat membuat perusahaan pengiklan tertarik untuk bekerja sama. Sudah bukan rahasia lagi banyak blogger yang sukses dengan menjadi penayang iklan di blog mereka dengan penghasilan ratusan sampai ribuan dollar setiap bulannya. Jadi tunggu apalagi masihkah anda ragu untuk jadi blogger yang profesional?

Cara Menambahkan Widget Pada Blog

Berikut cara membuat blog terlihat profesional dengan menambahkan widget pada blog,

1. Masuk ke dasbord akun blog anda.

2. Klik menu Tata Letak.

Bagaimana Membuat Blog Terlihat Profesional?

3. Klik Tambahkan Gadget, anda bisa memilih untuk menyimpan widget anda di samping (sidebar), atau di bawah (footer).

Bagaimana Membuat Blog Terlihat Profesional?

4. Klik tombil + disebelah kanan widget. Lakukan pengaturan sesuai widget yang dipilih, lalu klik Simpan.

Bagaimana Membuat Blog Terlihat Profesional?

5. Lihat hasilnya.

Widget Apa Saja Yang Harus Ditambahkan Di Blog?

Jadi widget apa saja yang perlu kita tambahkan pada blog kita agar blog kita terlihat profesional? Ada beberapa widget yang memang penting untuk kita tambahkan pada blog, diantara widget-widget ini juga diharuskan dan menjadi syarat pendaftaran apabila kita ingin memasang iklan dari google adsense. 

1. Kotak Penelusuran (Cari)

Kotak penelusuran atau cari ini sangat penting, itu kenapa saya simpan di posisi pertama. Menurut saya sebetulnya dengan adanya kotak cari saja sudah mewakili semua widget yang ada, kenapa? Sebab dengan kotak cari saja kita bisa mencari seluruh halaman yang ada blog kita, dengan kata lain kotak cari merupakan widget inti dari sebuah blog. Anda bisa menambahkan widget ini pada menu widget dengan nama Kotak Penelusuran

2. Arsip

Arsip merupakan daftar isi artikel anda, ditampilkan dalam kurun waktu bulan. Jadi selama bulan tertentu artikel apa saja yang anda terbitkan dalam blog. Ini menjadi bagian penting agar pengunjung bisa merayapi seluruh artikel yang berada pada blog anda. Untuk menampilkan nya anda cukup menambahkan widget Arsip Blog dan atur tampilan sesuai selera anda.

3. Artikel Terbaru (News)

Untuk menampilkan artikel terbaru, anda harus menambahkan widget Feed pada blog anda. Tambahkan widget Feed, pada isian URL isi alamat URL Feedburner anda. Saat anda membuat blog secara otomatis feedburner anda juga akan terbentuk. Anda hanya perlu membuka situs Feedburner dan melihat alamat feed blog anda lalu masukan pada isian widget. Dengan begitu pengunjung bisa melihat artikel baru apa saja yang telah anda lakukan.

4. Popular Pos

Untuk menampilkan popular pos, tambahkan widget Entri Populer. Isu Judul sesuai dengan keinginan anda, pilih Paling banyak dikunjungi berdasarkan hari atau setiap waktu, Tampilkan isi thumbnail gambar untuk menampilkan gambar pada popular pos dan Cuplikan untuk memberi sedikit penjelasan pada popular pos.

5. Label

Label bisa disebut juga kategori, dipakai untuk mengelompokkan artikel yang kita buat. Kelompok tersebut bisa anda bagi kedalam tema atau pun jenis artikelnya. Memudahkan pengunjung untuk memilih artikel mana yang mereka ingin baca. Untuk menambahkannya pilih widget Label, lalu lakukan pengaturan apa anda ingin menampilkan semua label atau hanya beberapa saja yang anda anggap penting. Anda juga bisa menyesuaikan tampilannya dalam bentuk apa, sesuai dengan tema anda. 

6. About Me

Ada beberapa jenis about me, anda bisa menampilkan akun google plus anda, atau anda bisa juga menampilkan akun sosial media anda. Widget ini berfungsi menginformasikan siapa pembuat blog ini. Untuk menampilkan widget google plus anda tinggal memasukannya di menu widget dengan memasukan ID google plus anda. 

Demikian bagaimana membuat blog terlihat profesional? Apa saja yang harus ditambahkan agar blog terlihat profesional? serta bagaimana cara menambahkan widget di blog? semoga bermanfaat dan mudah untuk di praktekan oleh teman-teman. Ini hanya bagian awal saja dalam membuat membuat blog profesional dengan menambahkan widget. Artikel selanjutnya akan saya jelaskan bagaimana membuat blog profesional? dengan penambahan page statis dan komponen pada bagian artikel. Terima kasih.   

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Mohon maaf apabila komentar berbau spam atau menyertakan link aktif tidak akan ditampilkan. Terima kasih! EmoticonEmoticon