Membuat Blog Terlihat Sangat Profesional

Membuat Blog Terlihat Sangat Profesional merupakan sebuah tujuan dari seorang blogger yang memang benar-benar serius terjun dalam dunia ini. Blog yang profesional menjadikan pembuat atau pemilik dari blog tersebut mendapat keuntungan, diantaranya disegani oleh blogger lain dan sumber pendapatan yang menjanjikan, juga keuntungan lain yang bermacam-macam. Jadi untuk blogger pemula seperti saya disamping karena hobi dalam menulis blog juga selalu berusaha dan belajar untuk menjadikan blog yang saya kelola menjadi profesional.

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu bagaimana membuat blog terlihat profesional? dan bagaimana membuat blog terlihat lebih profesional? Pada pembahasan pertama saya menjelaskan menjadikan blog terlihat profesional dengan penambahan widget pendukung, lalu pada bagian kedua membuat blog terlihat lebih profesional dengan penambahan halaman statis. Untuk yang terakhir ini saya akan menjelaskan tentang membuat blog terlihat profesional dengan penambahan beberapa elemen pada halaman isi artikel.

Beberapa Elemen Yang Harus Ditambahkan Pada Isi Artikel Blog

Berikut beberapa elemen yang menurut saya penting yang harus ditambahkan pada halaman isi artikel blog anda, sebagai navigasi dan keterangan yang penting.

1. Menambahkan Navigasi Breadcrumbs

Yang pertama yaitu dengan penambahan navigasi breadcrumbs pada isi artikel blog anda. Dengan ditambahkannya navigasi breadcrumbs dimaksudkan pengunjung dapat mudah menelusuri artikel lain yang serupa dengan artikel yang telah dia baca dalam satu kategori. Bila anda masih bingung dengan penjelasan ini dan ingin mengetahui cara menambahkan navigasi ini anda bisa lihat caranya di Cara Menambahkan Navigasi Breadcrumbs Di Blog

2. Menambahkan Related Post / Artikel Terkait

Realted post merupakan artikel-artikel yang mungkin terkait dengan artikel yang pengunjung baca. Artikel tersebut terkait biasanya karena kesamaan kategori/label yang disematkan pada artikel tersebut. Related post dapat anda taruh pada bagian awal artikel, tengah atau yang umum digunakan dibagian akhir artikel. Memberikan informasi kepada pengunjung bahwa ada beberapa artikel yang mungkin mereka perlu yang hampir sama dengan artikel yang sedang mereka baca. Ini juga dapat meningkatkan page views blog kita.

Ada dua cara menambahkan related post pada blog yang saya ketahui, yang pertama dengan memakai template yang didalamnya telah terdapat related post secara otomatis. Yang kedua bila anda memakai template bawaan blogger (biasanya didalamnya belum terdapat related post) anda bisa langsung menambahkannya saja. Bila anda belum mengetahui caranya anda bisa lihat caranya di Cara Menambahkan Related Post Di Blog.

3. Menambahkan Pesan Diatas Kotak Komentar

Bagi anda yang memiliki fasilitas komentar di blog yang anda kelola, sebaiknya anda memakai cara ini. Dalam sebuah artikel yang pernah saya baca yang ditulis oleh salah satu staff dari google, disitu dia menjelaskan bahwa blog yang yang didalamnya terdapat komentar spam akan membuat blog tersebut di anggap spam juga. Buat saya ini merupakan sebuah peringatan yang sangat serius sekali, dimana saya pribadi mengandalkan pengunjung blog yang berasal dari mesin pencari seperti google.

Apa akibat apabila blog kita terdeteksi sebagai blog spam oleh robot mesin pencari? 

Akibatnya sangat buruk menurut saya, blog anda kan mengalami penurunan peringkat pada mesin pencari. Yang lebih buruk lagi bahkan akan diabaikan sama sekali oleh mesin pencari hingga blog anda menghilang dari peredaran.

Apa Yang Harus Dilakuakan?

Jadi menurut saya sebaiknya anda menambahkan pesan di atas kotak komentar blog anda sebagai filter terhadap pembaca yang ingin berkomentar nantinya. Pengunjung akan berpikir terlebih dahulu sebelum mereka memberikan komentar. Lalu yang kedua sebaiknya anda menggunakan fasilitas moderasi komentar pada blog anda, jadi komentar yang ditulis tidak akan langsung muncul di blog tetapi tertunda sampai anda memoderasi komentar tersebut. Anda berhak untuk menerbitkan, menandainya sebagai spam atau bahkan menghapusnya sama sekali. Apabila anda belum tahu cara membuat pesan di atas kotak komentar anda bisa melihatnya di Cara Membuat Pesan Diatas Kotak Komentar.

Itulah beberapa elemen yang bisa anda tambahkan pada blog untuk membuat blog terlihat sangat profesional. Cara tersebut diperoleh berdasarkan pengalaman pribadi yang bersumber dari membaca blog para master juga meneliti blog yang saya anggap profesional. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat!

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Mohon maaf apabila komentar berbau spam atau menyertakan link aktif tidak akan ditampilkan. Terima kasih! EmoticonEmoticon