Widget Baru Blogger Featured Post / Entri Yang Diunggulkan

Widget Baru Blogger Featured Post / Entri Yang Diunggulkan - Ketika saya buka blogger pada hari Selasa tanggal 16 Desember 2015 ada sedikit yang berbeda pada tampilan awal menu. Ada pemberitahuan di bagian atas bahwa blogger mengeluarkan fitur baru yaitu Featured Post atau pada blog berbahasa Indonesia Entri Yang Diunggulkan. 

Apa Itu Featured Post / Entri Yang Diunggulkan

Penasaran akan hal itu, langsung saja saya buka pemberitahuan yang muncul di blogger tersebut. Ternyata link tersebut menuju ke halaman blog dari blogger berupa sedikit penjelasan dalam bahasa Inggris. Tidak begitu mengerti karena tidak terlalu lancar berbahasa Inggris akhirnya saya tutup halaman blog blogger tersebut lalu membuka salah satu blog yang saya kelola.

Dengan rasa penasaran yang tinggi saya coba fitur baru tersebut, cara memasangnya sama saja dengan memasang widget yang lain. Juga tidak sulit menemukan widget baru tersebut dalam menu add gadget karena terletak pada bagian atas menu add gadget. 

Setelah melihat dan mempelajari ternyata 'Entri Yang Diunggulkan' merupakan fitur untuk menampilkan salah satu artikel yang kita anggap sebagai unggulan atau artikel yang ingin pengunjung blog kita baca yang di tampilkan dalam widget. Kita bisa memasangnya di head, sidebar atau footer seperti widget yang lain. Kita bisa menampilkan judul, ringkasan artikel juga gambar pada widget tersebut. 

Plus Minus Featured Post / Entri Yang Diunggulkan

Setelah mencoba memasang dan mempelajarinya ada dua hal yang saya rasakan, ini murni pendapat pribadi dan pengalaman ketika menggunakan fitur tersebut.

Penilaian plus dari fitur tersebut menurut saya adalah karena kita para blogger akan lebih mudah untuk menampilkan artikel unggulan dari blog kita untuk dapat pengunjung lihat dan baca. Dibandingkan dengan widget popular post dan news post yang menampilkan artikel secara otomatis. Untuk menampilkan artikel pilihan biasanya kita harus menggunakan kode yang lumayan rumit. Tetapi dengan ini kita dengan mudah menampilkan artikel pilihan kita. Selain itu juga fitur ini dapat dengan mudah kita atur lokasinya sesuai yang kita inginkan seperti widget biasa. 

Namun nilai minus dari fitur / widget ini sayangnya hanya bisa menampilkan satu artikel saja, lebih bagus apabila kita bisa mengatur berapa post yang bisa kita tampilkan. Selain itu widget ini hanya bisa di pasang satu saja, jadi kita tidak bisa membuat dua widget atau lebih seperti widget HTML.

Penutup

Demikian sedikit penjelasan mengenai fitur / Widget Baru Blogger Featured Post / Entri Yang Diunggulkan dan penilaian saya mengenai fitur tersebut. Tentu saja sesuatu yang baru wajar apabila terdapat kekurangan. Mudah-mudahan saja blogger kedepan banyak membuat perbaikan dan penyempurnaan, tidak hanya pada widget ini tetapi pada menu yang lainnya. Terima kasih telah membaca sedikit tulisan dari saya, happy blogging.

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan tema artikel. Mohon maaf apabila komentar berbau spam atau menyertakan link aktif tidak akan ditampilkan. Terima kasih! EmoticonEmoticon